ERROR REGISTRASI SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Saat Registrasi muncul pesan “USER ID sudah ada”
Penyebab
dan solusi
- NPWP sudah terdaftar
- Untuk cek data pendaftaran hubungi: Kring pajak (021) 1500200, Call center e-billing di (021) 52903801-08, atau Hubungi Petugas KPP input permasalahan di Lasis Online
LINK AKTIVASI AKUN SSE1 (sse.pajak.go.id) TIDAK DITERIMA
- Email dari pajak yang berisi link aktivasi tidak masuk ke email yang didaftarkan
Penyebab
dan Solusi:
- Dianggap spam, periksa folder spam
- Salah input email, tunggu tiga hari kemudian registrasi ulang atau hubungi call center e-billing
- Email aktivasi tidak terkirim karena diblokir oleh server email tujuan, hubungi admin domain email
LINK AKTIVASI AKUN SSE1 (sse.pajak.go.id) BERMASALAH
- Notifikasi: Data tidak ditemukan
Penyebab
dan Solusi:
- Link aktivasi expired (3x24 jam sejak registrasi), registrasi ulang
- Double click link aktivasi, akun sudah aktif silahkan login
GAGAL LOGIN SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Saat Login muncul pesan “Login tidak berhasil”
Penyebab
dan Solusi:
- User salah memasukkan NPWP dan PIN
- Pastikan NPWP dan PIN diisi dengan benar: NPWP 15 digit angka tanpa tanda baca dan PIN terakhir yang digunakan
LUPA PIN SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Lupa PIN terakhir yang digunakan
- PIN terakhir tidak dapat digunakan
Solusi:
- Dapatkan PIN baru dengan: klik Lupa PIN pada halaman login, kemudian masukkan NPWP dan email yang sudah didaftarkan
GAGAL MENDAPATKAN PIN BARU dari SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Saat Lupa PIN muncul pesan “Error saat generate PIN, silahkan hubungi admin sistem”
Penyebab dan Solusi:
- Pembatasan lupa PIN karena migrasi data SSE ke DJP Online (SSE2)
- Untuk mendapatkan PIN baru hubungi: Kring pajak (021) 1500200, Call center e-billing (021) 52903801-08, atau Lasis Online Hubungi Petugas KPP input permasalahan di Lasis Online
LUPA/GANTI EMAIL untuk SSE1 (sse.pajak.go.id)
- WP lupa email yang didaftarkan
- Email terdaftar tidak dapat diakses
Solusi:
- Untuk mengetahui data registrasi dan mengubah email terdaftar dapat dilakukan dengan langkah: Menghubungi Petugas KPP input permasalahan di Lasis Online
JENIS KODE AKUN PAJAK atau KODE JENIS SETORAN TIDAK DITEMUKAN
- Kode jenis pajak dan kode jenis setor yang akan dibayarkan tidak ditemukan
Penyebab dan solusi:
- Jenis Wajib Pajak tidak sesuai dengan masterfile WP
- Untuk update data jenis peserta hubungi: Kring pajak (021) 1500200, Call center e-billing (021) 52903801-08 atau hubungi Petugas KPP input permasalahan di Lasis Online
GAGAL BUAT KODE BILLING pada SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Saat klik terbitkan kode billing muncul pesan: “Response Code: E1” atau “Request Time Out”
Penyebab dan Solusi
- Sistem sedang sibuk
- Coba beberapa saat lagi
GAGAL LOGIN SSE2 (djponline.pajak.go.id) UNTUK USER HASIL MIGRASI dari SSE1 (sse.pajak.go.id)
- Muncul pesan: SO005-Email sudah digunakan, silahkan reset password dengan ubah email
Penyebab
dan Solusi:
- Beberapa NPWP terdaftar dengan email yang sama di SSE1
- Ubah email dengan cara melakukan reset password dengan ubah email menggunakan EFIN yang sudah didapatkan dari KPP
LUPA PIN SSE1 UNTUK LOGIN SSE2 (djponline.pajak.go.id)
- Tidak bisa login ke SSE2 (djponline.pajak.go.id) karena lupa PIN SSE1
Solusi:
- Untuk mendapatkan PIN baru: Klik Reset password di halaman DJP Online dan gunakan EFIN yang sudah didapatkan dari KPP
GAGAL BUAT KODE BILLING pada SSE2 (djponline.pajak.go.id)
- Saat klik terbitkan kode billing muncul pesan: “Gagal saat pembuatan kode billing” atau “Request Time Out”
- Sistem sedang sibuk
- Coba beberapa saat lagi